6 Penyebab Kaki Mengalami Kesemutan Salah Satunya Karena Diabetes

 

SUARA JOMBANG – Penyebab kaki kesemutan, ada banyak sekali faktor pemicunya.

Walaupun kaki kesemutan bukan suatu penyakit atau kondisi yang tak menyebabkan bahaya pada kesehatan tubuh.

Namun,pastinya saat kaki mengalami kesemutan akan terasa sangat tak nyaman sekali.

Baca Juga : https://suarajombang.com/keren-banget-buat-instagramable-5-destinasi-wisata-jombang-paling-populer-2023/

Ada beberapa hal yang harus di waspadai saat kaki kesemutan, karena bisa jadi awal tanda adanya suatu penyakit tertentu.

Penyebab Kaki Kesemutan

Apalagi jika kaki kesemutan dibarengi dengan gejala lain bisa jadi adanya penyakit yang bisa mengganggu kesehatan tubuh nantinya.

Pada umumnya kaki kesemutan akan terasa di saat terlalu lama berlutut atau duduk bersila.

Kesemutan di kaki biasanya muncul karena ada tekanan pada saraf tertentu yang memicu perasaan kebas atau mati rasa.

Baca Juga : https://suarajombang.com/3-tempat-favorit-keluarga-rekomendasi-wisata-terhits-di-jombang/

Biasanya, sensasi kesemutan akan menghilang jika Anda mengubah posisi atau menggerakkan kaki.

Nah, sebenarnya kaki kesemutan nggak perlu ditakutin banget sih.

Tapi, buat beberapa kasus, kesemutan bisa jadi tanda ada masalah kesehatan, apalagi kalau berlangsung lama dan disertai rasa nyeri, lemas, atau susah jalan.

Beberapa kondisi medis yang bisa bikin kaki kesemutan tuh antara lain:

Penyebab Kaki Kesemutan

1. Diabetes

Baca Juga : https://suarajombang.com/destinasi-favorit-keluarga-9-tempat-wisata-populer-di-wonosalam-jombang/
Nah, salah satu penyebab paling umum kaki kesemutan yang disebabkan oleh masalah saraf itu diabetes.

Sekitar 3 dari 10 orang yang mengalamin gangguan saraf, punya atau pernah punya diabetes. Nah, gangguan ini biasa disebut neuropati diabetik.

Biasanya, orang yang kena penyakit ini bakal merasain kesemutan, nyeri, atau panas di kedua kaki, terutama di telapak dan jari-jarinya.

Kalau diabetesnya nggak terkontrol, saraf-saraf di kaki bisa mati rasa sampai nggak bisa merasain apa-apa.

2. Kekurangan atau kelebihan vitamin

Nah, biar saraf-saraf kita tetap berfungsi dan sehat, tubuh kita butuh banget vitamin E, vitamin B1 (tiamin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6 (piridoksin), dan vitamin B12 (kobalamin).

Kalau kita kekurangan vitamin-vitamin itu, bisa deh kita ngalamin masalah pada saraf, salah satunya kesemutan.

Penyebab Kaki Kesemutan

Tapi, nggak cuma kekurangan aja yang bikin kesemutan, kelebihan asupan vitamin juga bisa jadi penyebabnya.

Beberapa penelitian menunjukkan kalo kita kebanyakan makan vitamin E dan vitamin B6, bisa bikin kesemutan di kaki atau tangan.

3. Sindrom saraf kejepit

Ada satu lagi nih kondisi medis yang bisa bikin kaki kesemutan, yaitu sindrom saraf kejepit.

Jadi, kalo kita punya kondisi ini, biasanya jaringan pelindung di antara ruas tulang belakang itu lemah, jadi tulang belakangnya bisa menonjol dan nge-tekan saraf.

Nah, saraf yang kena tekanan inilah yang bisa bikin kaki dan bagian tubuh lainnya kesemutan.

4. Kecanduan minuman alkohol

Kalo orang kecanduan alkohol, mereka bisa lebih rentan mengalamin kaki kesemutan, soalnya minum alkohol berlebihan bisa bikin saraf perifer rusak, yang disebut neuropati alkoholik.

Selain itu, orang yang kecanduan alkohol juga sering kekurangan vitamin E, asam folat, dan vitamin B, terutama vitamin B1 (tiamin).

Nah, kekurangan tiamin ini bisa bikin dinding sel saraf rusak, jadi berisiko banget kena neuropati perifer atau gangguan saraf tepi.

5. Berbagai penyakit sistemik

Nah, kalo kesemutan di kaki sering banget, berlangsung lama, atau nggak hilang-hilang, bisa jadi tanda adanya penyakit sistemik.

Penyebab Kaki Kesemutan

Jadi, itu artinya ada penyakit yang ngangguin seluruh sistem organ tubuh kita.

Beberapa jenis penyakit sistemik yang bisa bikin kaki kesemutan tuh hipotiroid, tumor yang nge-tekan saraf, gangguan ginjal, penyakit hati, sindrom Guillain Barre, dan kelainan darah kayak anemia sel sabit.

6. Efek samping obat

Penyebab Kaki Kesemutan

Selain hal-hal yang udah disebutin tadi, ada juga obat-obatan tertentu yang bisa bikin kesemutan, misalnya isoniazid buat tuberkulosis, obat HIV, obat imunosupresif, dan obat kemoterapi. Nah, itu bisa jadi efek samping dari obatnya.

Baca Juga : https://suarajombang.com/alami-asri-dan-eksotis-6-destinasi-wisata-air-terjun-di-jombang/

Kalo kamu lagi minum obat-obatan itu dan kesemutan, sebaiknya konsultasi ke dokter, biar dosisnya bisa dikurangi atau diganti dengan obat yang lebih aman.

Kesemutan di kaki yang datang sesekali dan bisa sembuh sendiri itu nggak berbahaya sih.

Tapi, kalo kesemutan itu nggak hilang-hilang atau disertai gejala lain yang ganggu, bisa jadi tanda ada penyakit tertentu, kayak gangguan saraf.

Makanya, kalo kesemutan di kaki kamu nggak hilang-hilang, sering muncul tanpa alasan jelas, atau ada gejala lain kayak nyeri, lemas, atau susah jalan, langsung deh periksain diri ke dokter buat tau penyebabnya dan gimana cara mengatasinya.
***

Tulisan Dadang Harumaya tidak mewakili pandangan Redaksi, penulis bertanggung jawab penuh atas isi, foto, video, dan grafik yang dibuat pada laman Suarajombang.com

Related Posts

Bagikan Inspirasi
SuaraJombang.com

*Artikel yang dikirimkan akan dimoderisasi sebelum tayang pada halaman Suara Jombang

Gabung untuk Menulis dan Berkomentar!

Masuk dengan menggunakan salah satu akun media sosial kamu

Daftar dengan Akun Sosial media!

Gunakan salah satu media sosial untuk melakukan registrasi

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.